Saturday, March 14, 2015

APA SIH PERBEDAAN PERBEDAAN AUDITING DENGAN AKUNTANSI ?

Akuntansi ialah proses pencatatan, pengelompokan dan pengikhtisaran kejadian-kejadian ekonomi dalam bentuk yang teratur dan logis dengan tujuan menyajikan informasi keuangan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Fungsi akuntansi bagi badan usaha dan masyarakat adalah menyajikan informasi kuantitatif tertentu yang dapat digunakan oleh pimpinan entitas ekonomi maupun pihak lainnya untuk mengambil keputusan, Agar penyajian informasi tepat, maka seorang akuntan harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai prinsip-prinsip dan aturan-aturan dalam penysunan infomlasi akuntansi. Disamping itu, seorang akuntan harus dapat mengembangkan system yang dapat menjamin bahwa semua peristiwa ekonomi
yang terjadi dalam organisasinya dapat tercatat dengan mencukupi pada saat yang tepat dengan biaya yang pantas.

 di Dalam auditing data akuntansi, yang menjadi pokok ialah  menentukan apakah informasi yang tercatat telah menjadi cerminan yang  benar atas kejadian ekonomi pada periode akuntansi. Oleh karena kriterianya adalah aturan-aturan aku.nta.nsi, rnaka seorang auditor harus memahami aturan-aturan dimaksud dengan baik. Dalam audit laporan keuangan, aturan-al'|.u'an dimaksud adalah prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku urnum yaitu pemyataan-pernyataan standar akuntansi keuangan yang ditetapkan Iakatan Akuntan Indonesia (IAI).

Disamping itu pemahaman mengani akimtansi, auditor juga harus mcmiliki keahlian dalam menguumpulkan dan menafsirkan bahan bukti audit. Keahlian seperti itulah yang membedakan auditor dengan akuntan. Masalalvmasalah spesifik yang dihadapi auditor dalam melukakan audit adalah penentuan prosedur audit yang tepat, penentuan sample, penentuan pos-pos tertentu yang diperiksa, saat pengujian dan pengevaluasian hasilnya.

No comments:

Post a Comment