Saturday, March 14, 2015

Pengertian dari Surat Bisnis

Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris Business yang berasal darl kata busy atau sibuk. Istilah kata tersebut digunakan untuk menggambarkan keiatan orang-orang yang bergerak dalam dunia usaha di mana mereka menggunakan segenap sumber daya, termasuk waktu dengan sangat efektif sehinggi terlihat begitu sibuk. Lama-kelamaan orang yang mempunyai aktivitas lebih disebut dengan business man. Makna kata semakin menyempit sehingga akhirnya istilah business man diberikan pada orang yang bergerak dalam dunia usaha.

Dunia usaha bergerak sangat dinamis sehingga diperlukan pembuktian. Fungsi pembuktian inilah yang memuncuikan pencatatan dan korespondensi. Karena kedinarnisan itu pulalah pada prakteknya, tidak semua, surat yang dibuat berurutan seperti tercantum pada bab ini terjadi semua. Seringkali, surat bisnis dibuat setelah melalui proses negosiasi yang dilakukan secara Iisan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, sangat menunjang kegitan bisnis. Hal itu membuat terjadinya terobosan-terobosan baru dalam bidang komunikasi, termasuk korespon-densi. Cara penyampaian surat secara konvensional sudah mulai tergeser dengan teknologi internet, tetapi walau bagaimanapun konsep pembuatan surat tetap memerlukan orang sebagai pelaksananya.

Sebelum kepada pembahasan mengenahi surat-surat bisnis. Dan supaya proses penulisannya lebih sistematis sehingga hasil akhir yang diharapkan sesual dengan sesuatu yang direncanakan, maka menyusun surat bisnis yang baik harus mengetahui tiga hal, pertama adalah masalah yang akan diinformasikan, kedua bentuk atau teknik penulisan dan ketiga adalah bahasa surat yang dipergunakan dan penguasaan terhadap istilah - istilah bisnis. Berikut ini akan tim penulis sampaikan beberapa istilah bisnis yang penting dan sering dipergunakan, antara lain:


1.  After sales serviced merupakan suatu pelayanan yang diberikan oleh produsen/penjual terhadap kerusakan atau penggantian suku cadang setelah terjadi transaksi pembelian.

2.  air way bill(AWB) merupakan surat angkutan yang dilampirkan jika hendak mengirimkan barang dengan menggunakan pesavvat terbang.

3.   Booklet merupakan buku yang berisi keterangan lengkap tentang suatu jenis barang beserta Cara pemakain, pemelinaraan dan penggantian suku cadang.

4.   brosur merupakan keterangan singkat mengenahi keadaan barang, merk, tipe, kemampuan dan keterangan Iain yang bernubungan dengan daya tarikjual beli.

5.    claim constatering bewijs(CCB) merupakan surat tanda bukti kerusakan barang yang biasanya dipergunakan jika hendak membuat surat pengaduan.

6.    Cheque merupakan surat perintan pembayaran yang ditujukan kepada bank agar membayar sejumlah uang kepada pihak tementu yang disebutkan dalam cheque

7.    deviden merupakan bagian keuntungan yang diterima oleh stockholder (pemilik saham)yang besarnya telah ditentukan oleh direksi dan rapat umum pemegang saham.

8.    Down payment (DP) merupakan uang muka yang diberikan kepada penjual/produsen terhadap barang yang akan dibeli oleh konsumen.

9.            invoice sama dengan faktur yaitu merupakan bukti penghitungan harga barang yang dijual berdasarkan jenis, jumlah dan harga satuannya.
10.          grace period merupakan masa tenggang waktu yang diminta oleh debitur dalam mengembalikan kewajibannya.
11.          joint venture merupakan usaha gabungan dalam periode tertentu yang peraturan dan kebijaksanaannya telah di sepakati oleh pihak-pihak yang bergabung tersebut.
12.          katalog merupakan Iembarang yang berisi daftar barang yang sejenis tetapi tipenya berbeda-beda.
13.          bill of leading  (B/L) atau konosemen merupakan jenis surat angkutan yang disertakan Dila nendak mengirim barang melalui kapal laut.
14.          Leafletf merupakan suatu lembarang berlipat atau Iepas yang didalamnya berisi keterang barang yang terpenting.
15.          Leasing merupakan suatu usaha yang menyewakan alat-alat besar atau mesin-mesin canggih yang dipergunakan untuk usaha pihak Iain.
16.          Packing list merupakan daftar rincian barang yang terdapat dalam peti atau jenis pengepakan lain.
17.          Petty cash merupakan dana kecil yang selalu disediakan oleh perusahaan atau organisasi yang senantiasa tersedia untuk keperluan-keperluan kecil perusanaan atau organisasi tersebut.
18.          price list adaIah daftar narga suatu barang atau jasa.
19.          Promes merupakan surat pernyataan kesanggupan membayar oleh debitur dalam waktu yang Sudan ditentukan.
20.          Prospektus merupakan suatu Iembaran berita suatu perusanaan atau organisasi yang ditavvarkan kepada pinak lain atau masyarakat.
21.     S. E & O merupakan suatu jumlan perhitungan yang bila terdapat kesalanan, maka bisa betulkan kembali.
22.     Storage  merupakan tempat penyimpanan barang dalam jumlah besar.
23.     Underwriter merupakan badan atau orang yang menangani masalah asuransi yang sering disebut sebagai penanggung resiko.
24.      wesel merupakan surat perintah membayar sejumlah uang kepada orang yang tertera dalam surat tersebut dan bisa dilakukan di kantor pos, bank dan instansi yang dituju.
25.      Warehouse reciept merupakan 'surat tanda bukti perusanaan pergudang menerima barang dari orang yang membutuhkan terhadap barang yang dititipkannya.
merupakan suatu jumlan perhitungan yang bila terdapat kesalanan, maka bisa betulkan kembali.
22.     Storage  merupakan tempat penyimpanan barang dalam jumlah besar.
23.     Underwriter merupakan badan atau orang yang menangani masalah asuransi yang sering disebut sebagai penanggung resiko.
24.    wesel merupakan surat perintah membayar sejumlah uang kepada orang yang tertera dalam surat tersebut dan bisa dilakukan di kantor pos, bank dan instansi yang dituju.
25.      Warehouse reciept merupakan 'surat tanda bukti perusanaan pergudang menerima barang dari orang yang membutuhkan terhadap barang yang dititipkannya.
sama dengan faktur yaitu merupakan bukti penghitungan harga barang yang dijual berdasarkan jenis, jumlah dan harga satuannya.
23.    Underwriter merupakan badan atau orang yang menangani masalah asuransi yang sering disebut sebagai penanggung resiko.
24.    wesel merupakan surat perintah membayar sejumlah uang kepada orang yang tertera dalam surat tersebut dan bisa dilakukan di kantor pos, bank dan instansi yang dituju.
25.     Warehouse reciept merupakan 'surat tanda bukti perusanaan pergudang menerima barang dari orang yang membutuhkan terhadap barang yang dititipkannya.





No comments:

Post a Comment